Sosialisasi Tim UKM Futsal UNW

15 Oktober 2020 17:18:59, Submit:Irsal, Dilihat: 112x

Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang  (UNNES) menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal  Universitas Ngudi Waluyo (UNW)  dengan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Sosialisasi Sport Massage bagi atlet dan pelatih UKM Futsal UNW.  Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya riset terhadap prestasi UKM Futsal UNW yang belum mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dalam berbagai ajang kejuaraan di tingkat mahasiswa. Prestasi tim UKM Futsal UNW pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa terakhir hanya sampai pada babak penyisihan, hal ini dikarenakan performa atlet yang belum optimal. Cedera fisik yang sering dialami oleh para atlet menjadi alasan utamanya, serta belum adanya tim Massuer. 

Kegiatan sosialisasi Sport Massage yang diketuai oleh Drs. Sahri, M.Kes., AIFM. dengan beranggotakan Limpad Nur Rochmat, M.Pd, Sri Sumartiningsih, S.Si., M.Kes., Ph.D, dan Aristiyanto, S.Si., M.Pd., AIFO ini dilakukan dalam beberapa tahap ini dimulai sejak bulan Juni 2020 dengan dimulai dari tahap identifikasi dan pencegahan cedera, peningkatan performa atlet, pelatihan keterampilan sport massage, evaluasi  pelatihan sampai tahap pendampingan  yang selesai di bulan Oktober ini. Pembina UKM Futsal UNW, Galeh Septiar Pontang, S.Gz., M.Gizi. berharap mendapat  manfaat yang diterima oleh tim yang dibinanya. "adanya pelatihan ini semoga bermanfaat bagi atlet dan pelatih kususnya dalam optimalisasi kondisi fisik melalui terapi massage yang diharapkan dapat meningkatkan performa tim." ujarnya. 

Salah satu anggota tim UKM Futsal UNW sekaligus mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan UNW, Sheva Restu Alfikri mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya kegiatan ini. "Saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini yang mana menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan massage saya dan dapat saya praktikkan sehari-hari, ini menjadi bekal buat saya di masa depan." pungkasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan sport massage ini performa atlet UKM Futsal UNW dapat lebih optimal, baik pada saat latihan maupun pada saat turnamen sehingga mampu bersaing dan berprestasi di berbagai ajang kejuaraan tingkat mahasiswa sekaligus juga akan menghasilkan tim massuer bagi UKM Futsal Universitas Ngudi Waluyo.

 
 


Kembali kehalaman sebelumnya   Print