UNW Memfasilitasi Guru-Guru se-Jawa Tengah Dalam Publikasi Karya Ilmiah

02 Maret 2020 16:31:40, Submit:Bagas Prakosa, S.IP, Dilihat: 58x

Di era multimedia seperti sekarang ini, jaringan internet adalah sesuatu yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Internet sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman termasuk di dalamnya bidang pendidikan lengkap beserta seluruh elemen di dalamnya. Para guru dalam menjalankan kewajibannya pun tak akan bisa lepas dari internet mulai dari mencari materi untuk diajarkan sampai mempublikasikan karya-karya ilmiah mereka. 

Dengan latar belakan tersebut, Universitas Ngudi Waluyo mengadakan Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah untuk para guru Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar Sampai Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Seluruh Jawa Tengah. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (01/03/2020) di Laboratorium Komputer UNW. Acara yang dihadiri oleh 58 guru ini di-narasumberi oleh Rektor UNW, Prof. DR., Subyantoro, M.Hum. 

Menurut ketua panitia acara tersebut, Mochamad Rizqi Adhi Pratama,M.Pd. Pelatihan tersebut dilakukan karena guru-guru di Indonesia diwajibkan untuk melakukan publikasi, namun hanya beberapa jurnal yang bisa memfasilitasi guru-guru tersebut. Jadi, guru-guru kesulitan untuk mencari jurnal dan untuk kegiatan publikasi sehingga mereka kesulitan menaikkan jabatan fungsional mereka. "Karena sampai sekarang banyak Universitas-Universitas yang tidak peduli maka dari itu kami bersama dengan pak Rektor berinisiasi untuk memfasilitasi guru-guru dengan memberikan pelatihan dan juga menyediakan jurnal sehingga mereka mudah untuk publikasi, karena sampai sekarang". ujarnya. 

"Antusiasnya sangat besar yang datang,karena tadinya kami target 50 orang tapi yang datang 58 orang dan nantinya akan membuat lagi kegiatan ini di gelombang-gelombang selanjutnya", sambungnya. Kesulitan yang dihadapi saat pemberian materi banyak guru yang sudah sepuh yang gaptek saat bersinggungan dengan internet. "Harapan untuk Universitas Ngudi Waluyo bisa menjadi publikasi terutama untuk guru-guru SMA mereka bisa cerita soal pelatihan hari ini ke siswa-siswa SMA dan untuk guru-guru semoga bisa lebih memudahkan dalam publikasi." pungkasnya. 

 
 


Kembali kehalaman sebelumnya   Print